Friday 22 July 2016

FILOSOFI NGAWUR: ORANG PINTAR VS ORANG CERDIK (NASRUDDIN HOJA)

Raden Pancal Pamor

Pada suatu waktu tersebutlah seorang yang sangat pandai, dia bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan kepadanya, tidak ada satu pertanyaanpun yang tidak dapat dijawabnya.

Pada suatu pagi dia berkeliling kampung, dari satu kampung ke kampung lain untuk memberikan kesempatan bertanya kepada semua orang mengenai ilmu pengetahuan.

Sampailah dia di kampung tempat tinggal Nasruddin Hoja, orang orang sudah ramai berkumpul di tanah lapang untuk bertanya kepada si orang pintar, hampir semua orang menanyakan sesuatu kepada si orang pintar, dan mereka tampak puas dengan jawaban si orang pintar itu. sampailah sekarang giliran Nasruddin. Aneh, bukannya bertanya Nasruddin malah menantang orang pintar itu untuk bertaruh dengannya, ia berkata kepada orang itu,"Hai tuan, saya akan bertanya satu pertanyaan kepada anda, jika anda tidak bisa menjawab, anda harus memberikan uang 10 dirham kepada saya, kemudian anda boleh bertanya kepada saya, jika saya tidak bisa menjawab saya akan memberikan uang 1 dirham kepada anda".

"tentunya ini cukup adil, karena tuan adalah orang yang terpelajar, berpendidikan tinggi dan pandai, sedangkan saya hanyalah orang biasa yang tidak sehebat anda."

Mendengar itu si orang pandai terdiam sejenak lalu menerima tantangan itu. Nasruddin tersenyum mendengar si orang pandai setuju dengan usulannya, "Baiklah aku akan bertanya, Makhluk apa yang memiliki tiga kaki?"

Si orang pintar terdiam, tampak berfikir untuk mencari jawaban dari pertanyaan Nasruddin. Hingga beberapa lama si orang pandai tidak juga menemukan jawaban pertanyaan Nasruddin, dan akhirnya pun dia menyerah.

"Aku tidak tahu", jawab si orang pandai itu pada akhirnya, sebagai konsekuensinya si orang pandai memberikan uang sebesar 10 dirham kepada Nasruddin.

Penduduk desa juga merasa keheranan, karena si orang pandai itu tidak dapat menjawab pertanyaan Nasruddin. Mereka pun juga mencoba mencari jawaban dari pertanyaan itu, tetapi juga tidak ada yang bisa menemukan jawabannya.

Sekarang giliran si orang pandai untuk bertanya kepada Nasruddin, "Nah", Katanya "Makhluk apa yang mempunyai tiga kaki?"

Tanpa banyak berfikir Nasruddin langsung menjawab,
"Saya juga tidak tahu, Tuan" Jawabnya sambil meyerahkan uang satu dirham kepada si orang pandai dan memasukkan uang yang 9 dirham ke dalam kantongnya, kemudian dia berjalan meninggalkan kerumunan warga yang terbengong-bengong.

Demikianlah dalam hidup kita tidak harus hanya mengandalkan kepandaian saja, karena apa yang kita lakukan dan kerjakan di dunia nyata akan sangat berbeda dengan ilmu yang kita peroleh di bangku sekolah, semoga bermanfaat...

salam sukses....

No comments:

Post a Comment