Friday 22 May 2020

TANGGAPAN BMKG MENGENAI DENTUMAN BANDUNG


Suara dentuman aneh kembali terdengan di wilayah jawa, kali ini suara dentuman aneh terdengar di wilayah Kota Bandung sampai Kabupaten Bandung. Suara dentuman Bandung ini terdengar mulai pagi dini hari pada hari Kamis 21 mei 2020.

Seperti halnya dentuman yang terjadi di wilayah Jabodetabek dan Solo raya beberapa waktu yang lalu, belum ditemukan dan belum ada keterangan dari pihak terkait seperti BMKG dan LAPAN.

Dentuman Bandung ini terdengar jelas antara lain di wilayah Kopo-Katapang, Astanya Anyar, Buah Batu, Ranca Mayar, sebagian Wilayah Cimahi hingga Soreang, Wilayah Kabupaten Bandung.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kota Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan bahwa hingga pukul 10.00 WIB tidak ada faktor cuaca dan kegempaan yang dapat menyebabkan munculnya suara dentuman Bandung secara berulang tersebut. "Dari analisa faktor gempa, cuaca dan petir, hari ini di sekitar Bandung tidak ada kejadian gempa bumi sejak pukul 00.00 hingga pukul 10.00," bebernya ketika dihubungi Kamis 21 Mei 2020.

Dia juga menambahkan, cuaca di daerah Bandung Raya pun terpantau cerah dan sedikit berawan hingga pukul 10.00 WIB, tidak terjadi petir dan hujan. "Tidak ada kejadian petir di Bandung Raya antara pukul 8.30 hingga pukul 10.00," jelasnya. "Hanya Ada 1 petir di Yogyakarta, terekam oleh alat di Lembang," lanjutnya. 

Sehingga suara Dentuman Bandung perlu dianalisa dari sudut pandang yang lain, kemungkinan dari faktor yang lain dan sejauh ini seperti suara dentuman di Jabodetabek dan Solo Raya beberapa waktu yang lalu belum ditemukan penyebab pastinya.

Sampai saat ini banyak orang masih bertanya tanya dan mengaitkan Dentuman Bandung ini dengan hal hal mistis, semoga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Sumber: AyoBandung.com

No comments:

Post a Comment