Wednesday 20 July 2016

FILOSOFI HIDUP: FREEDOM FROM THE KNOWN (BEBASKAN DIRI DARI MERASA PAHAM AKAN SESUATU)

Masih Bo Wero, By Wandi S Brata
Diceritakan kembali oleh Raden Pancal Pamor


Bo Wero (Jawa) jembar tanpo watesan (luas tanpa batasan), hidup dengan ruang kebebasan tak terbatas dan hidup sebagai pemenang, tujuan yang pantas bagi setiap orang. Anehnya sebagian besar orang menutup jalur kesuksesan mereka denga terburu-buru mengatakan tidak terhadap jalur jalur alternatif yang belum pernah kita rambah, kita mudah terjebak dalam alur kebiasaan kita dan hanya sedikit orang yang punya mental petualang yang berani mencoba hal-hal baru diluar kebiasaan.

Sebagai contoh, orang yang sudah bekerja di suatu bidang dalam jangka waktu 5 tahun, 10 tahun atau bahkan 15 tahun, kemudian tiba tiba ada orang baru yang memberikan alternatif jalan untuk menyelesaikan sesuatu, pastilah kebanyakan dari kita akan menolak karena merasa sudah mempunyai pengalaman yang lama dan merasa ahli di bidangnya. Dan mungkin hanya satu banding seribu orang yang mempunyai mental petualang yang mau menerima jalan itu dan mencobanya. Atau bahkan kita hanya mengiyakan dengan maksud untuk menyenangkan yang bersangkutan dan tanpa pernah berniat mencoba jalan baru tersebut.

Atau mari kita berkaca sejenak ketika kita mulai merambah ke hal-hal yang baru atau kita menemukan jalan alternatif yang kita anggap efektif dan efisien untuk mencapai tujuan kita. Pertanyaanya berapa lama kita mengikuti jalur itu dan mencoba merambah jalur lainnya? karena sudah merasa nyaman dengan jalur tersebut.

Dengan kebiasaan yang kita terus ikuti, kita menciptakan pola berulang, dan itu bisa berpengaruh kepada seluruh aspek kehidupan kita, hidup kita menjadi monoton dan kurang petualangan, karena apa yang sudah kita lakukan sudah memberikan hasil dan setiap kita melakukan kebiasaan dan memberikan hasil maka kita akan berfikir bahwa itulah jalan terbaik dan akhirnya kita terjebak dalam rutinitas kita, kita diperbudak dan hidup kita mudah diprediksi.

bagi orang yang ingin mendapatkan kebebasan yang luas dan menjadi pemenang kita harus melepaskan diri dari apa yang sudah kita ketahui dan kita berani bereksplorasi untuk mencoba sesuatu yang baru meskipun banyak orang mencap sebagai kemustahilan.

Freedom from the known berarti kebebasan dari segala pola harapan yang selama ini mengungkung kita dalam kubangannya, yang menyebabkan kita memandang apa saja yang di luar kubangan itu sebagai kemustahilan.

Ada ungkapan bagus dari Bertrand Russel tentang kebebasan berekplorasi, ungkapan itu...
"In all affairs its a healty thing now and then to hang a question mark on the things you have long taken for granted."

"Dalam segala urusan hidup, sungguh sehat jika kita sesekali menaruh tanda tanya besar terhadap perkara-perkara yang sudah diterima sebagai kewajaran sampai tak pernah ditanyakan lagi."

Jadi apapun kebiasaan yang kita jalani sekarang, mungkin kita menganggap itu yang terbaik tetapi tidak ada salahnya kita mencoba bertanya atau berfikir apakah mungkin ada cara lain yang lebih bagus atau menghasilkan sesuatu yang lebih dahsyat...kemudian mencobanya ...

Selamat Berekplorasi....
Salam Sukses....

No comments:

Post a Comment